082210068615

082210068615

: webmaster@osingdeles.com 082210068615 Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Banyuwangi
Osing Deles
SHARE :

Kesenian Barong Banyuwangi (Part-1)

10
08/2016
Kategori : blog
Komentar : 0 komentar
Author : osingdeles


Kesenian Barong Banyuwangi (Part-1)

Barong Banyuwangi

Barong Banyuwangi

Banyuwangi memang meruapakan salah satu Kabupaten yang kaya akan Kesenian Budayanya. Salah satu kesenian kuno yang cukup terkenal ialah Barong Kemiren atau biasa disebut Barong Banyuwangi. Kesenian yang cukup tua ini merupakan asli seni Suku Osing kemiren. Kesenian Barong Banyuwangi merupakan sebuah pertunjukan rakyat yang menggunakan media Barong. Kesenian ini diyakini sangat sakral sehingga ada perlakuan khusus. Barong Kemiren berhubungan dengan Buyut Cili, yang diyakini penduduk setempat sebagai cikal bakal desa. Disaat-saat tertentu barong harus diupacarai, diberi sesaji, serta dirawat dengan hati-hati

Kata “barong” memiliki beberapa pengertian. Dalam bahasa Sansekerta, barong memiliki arti beruang, yakni berasal dari kata “B (h) arwang”. Selain itu barong berarti pula akar-akaran yang hidup di dekat rumpun bamboo. Berarti juga pertunjukan yang berwujud tiruan dari binatang buas. Melihat dari arti kata tersebut, makna terakhir yang lebih mengarah pada kesenian barong. Blambangan atau Banyuwangi memeliki beberapa barong. Yaitu barong Kemiren, Perejeng, Using/Blambangan.

Menurut alkisah wujud barong merupakan hasil dari pertarungan antara dua bangsawan Bali dan Blambangan yaitu Minak Bedewang dan Alit Sawung. Mereka saling bertarung dengan wujud Harimau Besar dan Burung Garuda. Namun setelah mendengarkan suara menggelegar layaknya halilintar dan suara tanpa wujud itu mengingatkan mereka untuk berhenti bertarung. Akhirnya mereka berdamai lalu kedua makhluk menyeramkan itu bersatu. Mulai saat itu mayarakat Osing mensimbolkan barong sebagai simbol persatuan. Diyakini, barong bisa mengusir pengaruh jahat,penyakit dan segala bahaya. Hingga kini, tarian Barong dan barong sangat disakralkan. Sebelum ditarikan, barong wajib diberi ritual khusus. Jika tidak, akan berbahaya bagi penari dan warga sekitar. Barong juga tidak sembarangan ditarikan. Ditarikan terutama untuk ider bumi atau selamatan desa. Nilai mistis barong tetap dijaga. Mereka yang berhak menari barong adalah orang pilihan alam.

Jika ditelisik terdapat beberapa versi sejarah mengenai asal usul Barong. Tetep stay di website Osing Deles selanjutnya yah. Di artikel selanjutnya akan membahas tentang sejarah barong dan barong pada masa kini. (bersambung)

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar